News & Media

Cloud Platform: The Trend of Cloud That Can Help the Business

Perkembangan digitalisasi dan teknologi membawa pengaruh besar bagi dunia bisnis, salah satunya dalam bagaimana kita menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Perkembangan digitalisasi dan teknologi membawa pengaruh besar bagi dunia bisnis, salah satunya dalam bagaimana kita menjalankan pekerjaan sehari-hari. Apabila dilihat lebih dari 1 dekade lalu, perusahaan dan bisnis masih banyak yang melakukan kegiatan operasional tanpa begitu banyak bergantung dengan internet. Namun di era sekarang, internet dan cloud sudah menjadi bagian yang krusial dalam bisnis. Aktifitas pekerjaan yang kita lakukan pun sudah mulai terhubung dengan internet, dari pengelolaan data hingga sistem yang ada di perusahaan.

Karenanya perangkat yang kita gunakan sehari-hari, dapat dengan mudah di-integrasikan dengan sistem internet, yang mana banyak dikenal dengan istilah cloud computing. Namun ketika berbicara mengenai cloud computing, kita juga perlu mengetahui platform-platform yang dapat mendukung atau menjadi sarana cloud computing dilakukan. Ada beberapa brand layanan cloud platform yang tidak asing di telinga kita, seperti diantaranya AWS (Amazon Web Services), GCP (Google cloud platform), Microsoft Azure, Alibaba Cloud dan masih banyak lagi..

Layanan cloud saat ini terbagi menjadi 3 bagian/kategori besar, antara lain:

IaaS (Infrastructure as a service) merupakan kategori layanan cloud berupa kotak server (fisik) dan komputer virtual, yang mana menyediakan perusahaan dengan sumber daya komputasi untuk operasional.
PaaS (Platform as a service) merupakan kategori layanan cloud yang disediakan dalam bentuk platform yang dapat dimanfaatkan user untuk membuat aplikasi diatas platform tersebut.
SaaS (Software as a service) merupakan kategori layanan cloud yang disediakan dalam bentuk perangkat lunak / software, dimana user hanya perlu menggunakan aplikasi tanpa harus mengerti sisi teknikal seperti storage dan maintenance.

Cloud Platform in Indonesia

Cloud platform sendiri di Indonesia dapat terbilang belum lama. Dimana penyedia layanan cloud platform seperti Google, Amazon, dan Microsoft masuk ke pasar cloud Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Seperti tahun 2020 misalnya, Google menghadirkan Google Cloud Platform dan di tahun 2021, Alibaba meluncurkan data center ketiga di Indonesia. Kebutuhan dan antusiasme terhadap cloud membuat cloud computing di Indonesia berkembang pesat dan menjadi peluang bagi pemain bisnis cloud mengembangkan usahanya di Indonesia.

Benefits of Cloud

Adanya kebutuhan dan antusiasme di Indonesia terjadi karena banyaknya manfaat yang didapatkan dengan menggunakan / terintegrasi dengan cloud. Manfaat yang dirasakan mulai dari penyimpanan data yang terpusat (di server cloud tersebut), fleksibilitas dan kemudahan dalam mengakses dan mengelola cloud jika dibandingkan dengan cara konvensional, serta cost friendly menjadi faktor pertimbangan. Itulah mengapa banyak bisnis yang melihat cloud computing sebagai sesuatu yang lebih bermanfaat bagi sustainability bisnis mereka jika dibandingkan cara konvensional.
Apabila dilihat lebih dalam dari sisi industri, ada beberapa bidang industri yang memanfaatkan cloud computing untuk pengembangan mereka. Misalnya dalam industri perbankan dimana adanya kerjasama dengan cloud platform provider dalam membangun perbankan digital. Dimana Kerjasama ini dikatakan mampu mengurangi capex pembelian server dan dapat menyewa sesuai dengan kebutuhan. Contoh lain seperti di industri telekomunikasi yang menggunakan kolaborasi dengan cloud platform untuk pengembangan UMKM yang ada dibawah naungan mereka dengan produk yang dihasilkan dari cloud platform tersebut. Hal yang mirip juga dilakukan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Kesehatan, dimana mereka memanfaatkan integrasi produk yang dihasilkan oleh cloud platform tersebut untuk menjalankan program di perusahaan.

What Xapiens can do ?

Xapiens sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi juga memiliki cloud services sebagai salah satu pillarnya, mulai dari migrasi on-prem ke cloud seperti misalnya AWS (data warehouse), aplikasi dan enterprise berbasis cloud seperti SAP yang terintegrasi dengan AWS. Dalam cloud services, Xapiens mengikuti perkembangan demand di pasar seperti apa dan terus mengembangkan diri sehingga bisa melayani permintaan pasar cloud dengan baik. Salah satunya melalui sertifikasi. Dimana tim Xapiens saat ini sudah terdaftar sebagai Registered Partners AWS serta memiliki beberapa sertifikasi di AWS dan GCP yang membuat tim kami memiliki kapabilitas dan standar yang mumpuni dalam menangani cloud services salah satunya di platform seperti AWS. Xapiens juga memiliki pengalaman dalam memberikan cloud services seperti cloud migration dari perusahaan-perusahaan baik yang ada di dalam Indika Energy Groups, maupun diluar. Jadi apa yang dapat kami bantu untuk usaha anda?
Apabila anda tertarik ingin mengkonfirmasi dan mengenal lebih jauh layanan kami, silahkan hubungi (+62)21 2977 0900 atau email kami di Hello@xapiens.id

Source:

https://sevima.com/5-manfaat-cloud-computing-yang-bikin-beda-dari-server-konvensional/
https://sevima.com/apa-itu-computing-cloud-dan-apa-perbedaan-saas-paas-dan-iaas/
https://www.cloudcomputing.id/berita/cloud-provider-global-berebut-pasar-komputasi-awan-di-ri
https://nansial.bisnis.com/read/20220726/90/1559530/alibaba-cloud-komputasi-awan-tekan-belanja-modal-it-bank-digital
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220701103741-206-815917/indosat-kerjasama-dengan-google-cloud-sasar-60-juta-umkm
https://www.biofarma.co.id/id/berita-terbaru/detail/kolaborasi-bio-farma-dengan-google-cloud-dan-connectedlife-with-fitbit-untuk-memberdayakan-hidup-lebih-sehat-dan-pencegahan-penyakit-kronis-di-seluruh-indonesia