PT Xapiens Teknologi Indonesia
KEBIJAKAN PRIVASI UNTUK KONSUMEN

KEBIJAKAN PRIVASI UNTUK KONSUMEN

Selamat datang di platform website dan media sosial yang dioperasikan oleh PT Xapiens Teknologi Indonesia (disebut “Xapiens” atau “Kami”). Xapiens sangat menjunjung tinggi kejujuran, kejelasan, dan berkomitmen untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng dengan pelanggan berdasarkan kepercayaan dan keuntungan bersama. Kebijakan Privasi ini dirancang untuk membantu pelanggan memahami bagaimana Xapiens mengumpulkan,
menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah pelanggan percayakan kepada Xapiens.

PENGERTIAN DATA PRIBADI
“Data pribadi” adalah setiap informasi atau potongan informasi yang dapat mengidentifikasi identitas pelanggan baik secara langsung (nama pelanggan/pengguna) atau identitas tidak langsung (seperti nomor ID) melalui sistem elektronik dan/atau nonelektronik dan informasi
lainnya yang dapat diakses oleh suatu organisasi (contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, nomor identifikasi dan informasi kontak).

DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN
Kami mengumpulkan atau menerima data dari pelanggan melalui situs web, formulir, perangkat, halaman media sosial Kami atau lainnya. Jenis Data Pribadi yang Kami kumpulkan bergantung pada penentuan proses pengumpulan dan sifat layanan pada produk dan layanan yang pelanggan gunakan berdasarkan perizinan dari Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku .

Xapiens akan memproses data pribadi pelanggan berdasarkan:

  • Kewajiban dalam kontrak atau dalam rangka mengadakan suatu kontrak dan mengambil tindakan atas permintaan pelanggan terhadap layanan;
  • Kepentingan bisnis yang sah, seperti pencegahan penipuan, menjaga keamanan jaringan dan layanan Kami, pemasaran langsung, dan peningkatan layanan Kami;
  • Kepatuhan atas kewajiban hukum, seperti persyaratan dan peraturan akuntansi dan pajak yang berhubungan dengan transaksi elektronik dan layanan keuangan, yang penyediaannya tetap terikat dengan ketentuan yang ketat (seperti periode retensi), prosedur, dan adanya hak pelangan untuk membatasi penggunaan data pelanggan, sehingga berdampak pada ruang lingkup informasi yang dapat diberikan;
  • Kepentingan publik yang substansial, untuk membantu mendeteksi dan mencegah penipuan, terorisme, korupsi, penghindaran pajak, dan kejahatan keuangan atau untuk melindungi kesejahteraan ekonomi individu tertentu.

Kami akan mengumpulkan informasi pribadi pelanggan ketika:

  • Pada saat pelanggan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan atau Platform Kami, atau membuka akun dengan Kami.
  • Pada saat pelanggan mengisi informasi dalam menggunakan Layanan atau Platform Kami, termasuk mengirimkan formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan Kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik;
  • Pada saat pelanggan membuat dan memberikan informasi atau dokumen lainnya karena adanya interaksi dengan Kami atau saat pelanggan menggunakan produk dan layanan Kami;
  • Pada saat pelanggan berkomunikasi dengan Kami melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial, website dan email, aplikasi chat seperti WhatsApp, dan ketika pelanggan berinteraksi dengan Customer Care Specialist Kami;
  • Berlangganan newsletter, peringatan, atau layanan lain dari Kami;
  • Pada saat pelanggan melakukan transaksi atau pembayaran melalui Layanan dan Portal milik Kami;
  • Pada saat pelanggan menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada Kami;
  • Pelanggan memberikan izin kepada perusahaan lain untuk berbagi informasi tentang perusahaan atau organisasi milik pelanggan;
  • Pada saat pelanggan mendaftar untuk suatu kontes (acara);
  • Informasi pelanggan tersedia untuk umum; atau
  • Pada saat pelanggan mengirimkan data pribadi kepada Kami dengan alasan apapun.

Ketentuan di atas hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi pelanggan yang mungkin diambil. Kami juga dapat mengumpulkan informasi dari pihak tertentu, sepanjang Kami memiliki dasar hukum untuk melakukannya, termasuk dari badan yang bertanggung jawab atas pencegahan penipuan, organisasi bisnis, badan referensi/pemeriksaan kredit, badan penghitungan tagihan, dan penyedia jaringan lainnya.

Dengan menggunakan layanan dan mendaftarkan akun pada Kami serta mengunjungi atau mengakses Layanan, pelanggan mengakui dan setuju bahwa pelanggan menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini. dan pelanggan mengizinkan Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi pelanggan seperti yang dijelaskan pada ketentuan kebijakan tersebut. Jika pelanggan tidak mengizinkan pemrosesan data pribadi seperti yang dijelaskan di Kebijakan Privasi ini, harap tidak menggunakan layanan Kami. Apabila Kami mengubah Kebijakan Privasi Kami, kami akan memposting perubahan tersebut atau Kebijakan Privasi yang telah diubah pada Platform Kami. Kami berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat.

Dalam situasi tertentu, pelanggan dapat memberikan data pribadi dari individu lain kepada Kami (seperti anggota keluarga, teman atau orang pada daftar kontak milik pelanggan). Jika pelanggan memberikan data pribadi sebagaimana yang dijelaskan diatas kepada Kami, pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa pelanggan telah memperoleh persetujuan atas data pribadi untuk diproses sehubungan dengan Kebijakan ini.

Kami menggunakan cookie (file teks kecil yang disimpan di browser pelanggan) dan teknik lain yang digunakan untuk mengikuti pergerakan pelanggan. Untuk detail lebih lanjut mengenai hal tersebut dan cara opt-out dari ini, silakan lihat bagian ‘Cookie’ pada kebijakan ini. Jenis informasi yang mungkin Kami miliki adalah, (jika dimungkinkan):

  • Nama, alamat, nomor telepon dan/atau ponsel, tanggal lahir, jenis kelamin, informasi tentang properti atau rumah, pekerjaan, penghasilan, nomor identitas, dan alamat email milik pelanggan.
  • Informasi kartu kredit atau debit pelanggan, informasi tentang rekening bank pelanggan, dan informasi keuangan lainnya. Misalnya, pelanggan harus memberi Kami informasi ini saat pelanggan mendaftar layanan. Kami juga akan mengumpulkan data yang diperlukan untuk memproses pembayaran setiap kali pelanggan melakukan pembelian.
  • Data transaksi pelanggan merupakan data yang Kami lihat sebagai bagian dari penyediaan jaringan telekomunikasi untuk pelanggan, seperti nomor yang pelanggan hubungi, waktu dan durasi panggilan, atau cara pelanggan menggunakan data internet.
  • Data lokasi pelanggan dapat terdeteksi jika menggunakan data Global Positioning System (GPS) atau dengan mengidentifikasi menara telekomunikasi terdekat atau hotspot Wi-Fi yang terkoneksi dengan pelanggan, di mana pelanggan mengaktifkan layanan atau fitur berbasis lokasi. Dan bisa tidak terdeteksi jika lokasi berasal dari alamat IP pelanggan atau data seperti kode pos atau nama kota.
  • Kontak pelanggan dengan Kami melalui catatan atau rekaman panggilan yang telah dibuat ke salah satu pusat layanan pelanggan Kami, live chat, email, atau surat yang dikirim, atau rekaman lain dari saluran manapun.
  • Informasi kredensial – Kami akan mengumpulkan kata sandi, petunjuk, dan informasi keamanan serupa yang digunakan untuk autentikasi dan akses ke akun dan layanan.
  • Preferensi pelanggan untuk produk, layanan, dan aktivitas tertentu saat pelanggan memberi informasi kepada Kami, atau Kami berasumsi tentang preferensi pelanggan berdasarkan cara pelanggan menggunakan produk dan layanan.
  • Advertising ID yang digunakan oleh Kami untuk melakukan kegiatan periklanan.
  • Informasi tentang jenis perangkat yang pelanggan gunakan, seperti International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau identitas unik perangkat, jenis koneksi jaringan (bergerak seluler dan/atau tetap lokal ), penyedia perangkat, kinerja jaringan dan perangkat, jenis browser, bahasa, informasi yang memungkinkan pengelolaan hak digital, dan sistem operasi.
  • Metadata aktivitas penggunaan pelanggan (aktivasi kartu, panggilan suara), penggunaan data, aktivasi Layanan Nilai Tambah (“VAS”), jumlah deposit prabayar, pembayaran tagihan pascabayar, transfer deposit prabayar, pembelian konten dan paket, serta profil dan segmentasi pelanggan.
  • Melihat bagian ‘Cookie’ untuk mengatahui detail tentang apa yang Kami kumpulkan menggunakan cookie, web beacon, dan teknologi lainnya, termasuk data iklan.
  • Riwayat browsing pelanggan Kami tidak memiliki riwayat situs/website yang pelanggan jelajahi, karena ini dibatasi untuk jangka waktu singkat agar sambungan dapat dibuat. Jika pelanggan telah memberikan izin, Kami dapat mengumpulkan kategori situs web yang telah pelanggan jelajahi di ponsel, perangkat, atau PC, misalnya olahraga, musik , atau berita, dan menggunakan preferensi ini untuk memberikan pelanggan informasi penawaran yang dipersonalisasi atau menampilkan iklan yang dipersonalisasi kepada pelanggan agar sesuai dengan kebutuhan. Pelanggan dapat memilih keluar dari iklan melalui Cookies. Terkait informasi-informasi pemasaran, lihat ‘Opt-Out’ di bagian ‘Hak pelanggan’ dalam kebijakan ini.
  • Informasi yang Kami peroleh dari sumber lain, seperti agen kredit, agen pencegahan penipuan, dan dari penyedia data lainnya merupakan data demografis, data berbasis minat, dan perilaku penelusuran internet.
  • Dalam beberapa kondisi (jika diizinkan oleh undang-undang), kategori tertentu dari data pribadi atau data pribadi terkait dengan pelanggaran dan sanksi pidana. Kategori khusus dari data pribadi mencakup informasi yang mengungkap asal ras tau etnis, pendapat politik, kepercayaan agama atau filosofis, data terkait kesehatan atau data terkait seseorang.

Jika terdapat Informasi Data tambahan yang akan Kami kumpulkan dari pelanggan, Kami akan memberikan pemberitahuan kepada pelanggan atau dengan mekanisme lain sesuai perintah regulasi, dengan tetap memastikan perlindungan data pribadi pelanggan berdasarkan kebijakan privasi ini.

PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Kami akan menggunakan informasi pribadi pelanggan dengan tujuan sebagai berikut:

  • Mempertimbangkan dan/atau mengolah aplikasi/transaksi pelanggan dengan Kami atau transaksi maupun komunikasi pelanggan dengan pihak ketiga melalui Layanan;
  • Mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan dan/atau akses pelanggan ke layanan Kami dan Platform Kami sesuai dengan keinginan dan tujuan pelanggan, serta hubungan pelanggan dan akun pengguna pelanggan dengan Kami;
  • Menanggapi, mengolah, berurusan dengan atau menyelesaikan transaksi, keluhan, dan/atau memenuhi permintaan pelanggan untuk produk dan layanan tertentu serta memberi tahu pelanggan tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim;
  • Memberlakukan Persyaratan Layanan;
  • Melindungi keselamatan pribadi dan hak, milik atau keselamatan pihak lainnya;
  • Untuk identifikasi, verifikasi, uji tuntas, atau ketahui tujuan pelanggan;
  • Untuk membuat rekomendasi tentang produk;
  • Untuk mengkomunikasikan dan menerapkan Know Your Customer (KYC) dengan pelanggan;
  • Berurusan atau memfasilitasi layanan pelanggan, melaksanakan instruksi pelanggan dengan menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan;
  • Menghubungi pelanggan atau berkomunikasi dengan pelanggan melalui panggilan telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos atau cara lainnya untuk tujuan mengurus dan/atau mengelola hubungan pelanggan dengan Kami atau
    penggunaan layanan Kami oleh pelanggan, seperti tetapi tidak terbatas pada mengomunikasikan informasi administratif kepada pelanggan yang berkaitan dengan layanan Kami. Pelanggan mengakui dan setuju bahwa komunikasi semacam itu oleh Kami dapat dilakukan dengan mengirimkan surat, dokumen atau pemberitahuan kepada pelanggan, yang dapat melibatkan pengungkapan data pribadi tertentu tentang
    pelanggan untuk melakukan pengiriman tersebut serta tercantum juga pada sampul luar amplop/paket pos;
  • Mengadakan kegiatan penelitian, analisis dan Survey Kepuasan Pelanggan (Net Promoter Score – NPS) untuk menganalisis bagaimana pelanggan menggunakan layanan Kami dan meningkatkan layanan atau produk Kami dan/atau meningkatkan pengalaman
    pelanggan;
  • Memungkinkan audit dan survei untuk, antara lain, memvalidasi ukuran dan komposisi audiens sasaran Kami, serta memahami pengalaman mereka dengan Layanan Xapiens;
  • Untuk pemasaran dan periklanan, dan dalam hal ini Xapiens mengirimi pelanggan melalui berbagai moda komunikasi, informasi pemasaran dan promosi serta materi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan (tidak terbatas pada produk dan/atau layanan pihak ketiga yang berkolaborasi atau terkait dengan Xapiens) yang mana Xapiens dapat menjual, memasarkan atau mempromosikan, baik produk atau layanan tersebut ada sekarang, atau dibuat di waktu mendatang. Pelanggan dapat berhenti berlangganan dari penerimaan informasi pemasaran setiap waktunya dengan menggunakan fungsi berhenti berlangganan di dalam materi pemasaran elektronik atau dengan menghubungi CustomerService Kami. Kami dapat menggunakan informasi kontak pelanggan untuk mengirimkan newsletter dari Kami dan dari perusahaan yang terkait oleh Kami;
  • Secara otomatis pelanggan akan berlangganan newsletter Xapiens setelah verifikasi email melalui OTP. Jika tidak berkenan, tekan tombol ‘berhenti berlangganan’ di bagian bawah e-mail;
  • Menawarkan program dan penawaran loyalitas, mitra dan bonus dan upaya pemasaran co-branded lainnya, seperti program loyalitas merchant, penawaran penjual atau kartu kredit co-branded dalam kolaborasi dengan pihak ketiga;
  • Menanggapi proses hukum atau mematuhi sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan atau jika Kami memiliki keyakinan dengan niat baik bahwa pengungkapan tersebut diperlukan, termasuk dengan tidak terbatas pada pemenuhan persyaratan untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang mengikat Xapiens atau perusahaan terkait atau afiliasinya (termasuk, jika memungkinkan, tampilan nama pelanggan, detail kontak, dan detail perusahaan);
  • Menghasilkan statistik dan penelitian untuk pelaporan internal dan yang diwajibkan oleh hukum dan/atau persyaratan penyimpanan arsip;
  • Melaksanakan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan atau prosedur manajemen risiko Kami yang mungkin diwajibkan oleh hukum atau yang telah diberlakukan oleh Kami;
  • Untuk melaksanakan penilaian resiko dan/atau kredit untuk menentukan produk atau
    persyaratan, termasuk produk kredit, layanan finansial, atau produk lainnya (yang mana
    yang berlaku), yang disediakan baik oleh Xapiens atau afiliasinya, untuk ditawarkan
    kepada pelanggan;
  • Mengaudit Layanan Kami atau bisnis Xapiens;
  • Mencegah atau menyelidiki pelanggaran nyata atau dugaan pelanggaran dari Syarat Layanan setiap penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, pembiaran atau kesalahan, baik yang berhubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh pelanggan atau setiap hal lain apapun yang timbul dari hubungan pelanggan dengan Xapiens;
  • Menanggapi klaim terancam atau klaim aktual yang diajukan terhadap Xapiens atau klaim lain bahwa Konten apapun melanggar hak pihak ketiga;
  • Menyimpan, menyelenggarakan dan membuat cadangan (baik untuk pemulihan setelah bencana atau hal lainnya) data pribadi pelanggan, baik di dalam atau di luar yurisdiksi pelanggan;
  • Berurusan dengan memfasilitasi transaksi aset bisnis atau kemungkinan transaksi aset bisnis, di mana transaksi tersebut melibatkan Xapiens sebagai peserta atau hanya melibatkan perusahaan terkait atau afiliasi Xapiens sebagai peserta atau melibatkan Xapiens dan/atau satu perusahaan terkait atau afiliasi Xapiens atau lebih sebagai peserta, dan mungkin juga ada organisasi pihak ketiga lainnya yang menjadi peserta dalam transaksi tersebut. “Transaksi aset bisnis” mengacu pada pembelian, penjualan, penyewaan, penggabungan, peleburan atau bentuk akuisisi, pelepasan atau pembiayaan suatu organisasi atau bagian dari suatu organisasi atau bisnis maupun aset apapun dari suatu organisasi; dan/atau
  • Untuk melakukan pengambilan keputusan secara otomatis sesuai dengan setiap keperluan sebagaimana dimaksud di atas; dan/atau
  • Setiap tujuan lain yang akan Kami beritahukan kepada pelanggan pada saat memperoleh persetujuan.
  • Untuk menayangkan iklan yang relevan untuk pelanggan, pelanggan juga akan melihat targeted advertising berdasarkan penggunaan cookie yang dikenal sebagai iklan berdasarkan preferensi pelanggan. Hal ini dapat berada pada di website milik Xapiens, milik organisasi lain, maupun kanal media online lainnya, seperti situs media sosial. Kami juga dapat menggabungkan data yang dikumpulkan melalui cookie dengan data lain yang telah Kami kumpulkan. Jika pelanggan tidak ingin informasi apa pun diproses melalui penggunaan cookie, periksa bagian ‘Cookie’ pada kebijakan ini yang menjelaskan cara mengontrol dan opt-out dari cookie.
  • Perlu diketahui bahwa opt-out dari interest-based advertising tidak menghentikan penayangan iklan – hanya saja iklan tersebut tidak akan disesuaikan dengan preferensi pelanggan. pelanggan juga akan melihat iklan di media sosial pelanggan, misalnya di feed Facebook atau Twitter pelanggan. Jika pelanggan tidak ingin menerima iklan ini, buka pengaturan iklan pada platform
  • Kami akan memproses data pribadi dan riwayat transaksi pelanggan untuk melindungi dan mendeteksi penipuan, untuk melindungi dan mendeteksi penyalahgunaan atau kerusakan pada jaringan Kami, untuk debt-recovery atau melacak mereka yang belum menyelesaikan kewajiban pembayaran kepada Kami atas penggunaan Layanan. (secara bersama-sama disebut sebagai “Tujuan”)

Pelanggan mengakui, menyetujui dan sepakat bahwa Xapiens dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan data pribadi pelanggan dan informasi jika diminta oleh hukum atau sesuai dengan perintah pengadilan atau oleh prioritas pemerintah atau regulator yang memiliki yurisdiksi atas Xapiens atau dengan keyakinan itikad baik bahwa penyimpanan atau pengungkapan akses tersebut secara wajar diperlukan untuk: (a) mematuhi proses hukum; (b) memenuhi permintaan dari otoritas pemerintah atau regulator manapun yang memiliki yurisdiksi atas Xapiens; (c) menegakkan Persyaratan Layanan Xapiens atau Kebijakan Privasi ini; (d) menanggapi setiap klaim yang mengancam atau aktual terhadap Xapiens atau klaim lain bahwa suatu Konten melanggar hak pihak ketiga; (e) menanggapi permintaan pelanggan untuk layanan pelanggan; atau (f) melindungi hak, properti atau keamanan pribadi Xapiens, penggunanya dan/atau publik. Karena tujuan Kami akan mungkin mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah data pribadi pelanggan tergantung pada situasi yang dihadapi, tujuan tersebut mungkin tidak tertera di atas. Akan tetapi, Kami akan memberi tahu pelanggan tentang tujuan lain semacam itu pada saat memperoleh persetujuan pelanggan, kecuali pengolahan data yang berlaku tanpa persetujuan pelanggan diizinkan oleh Undang-Undang yang berlaku.

JANGKA WAKTU PENYIMPANAN DATA PRIBADI PELANGGAN
Kami berkomitmen untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data pribadi pelanggan dengan enkripsi atau metode lain, dengan perlindungan terbaik berdasarkan undang-undang untuk menyediakan suatu Layanan. Penyimpanan Data Pribadi dapat dilakukan di wilayah Indonesia atau di luar wilayah Indonesia, dengan tetap memenuhi kewajiban akses dan efektifitas pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan menyimpan Data Pribadi pelanggan yang masih menggunakan layanan Kami dan/atau sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KEAMANAN DATA PRIBADI PELANGGAN
Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan data pribadi pelanggan, dan mengambil semua tindakan pencegahan yang wajar untuk melakukannya. Kami secara kontraktual mengharuskan pihak ketiga tepercaya yang menangani data pribadi pelanggan untuk melakukan hal yang sama. Kami selalu melakukan yang terbaik untuk melindungi data pribadi pelanggan dan setelah Kami menerima data pribadi pelanggan, Kami menggunakan prosedur dan fitur keamanan yang ketat untuk mencoba mencegah akses yang tidak sah. Karena transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman, kami tidak dapat menjamin keamanan data Anda yang dikirimkan ke situs kami. Dengan demikian, setiap transmisi adalah risiko Anda sendiri.

COOKIES
Sewaktu-waktu, Kami atau penyedia layanan resmi dapat menggunakan “cookie” atau fitur lain untuk memungkinkan Kami mengumpulkan atau berbagi informasi sehubungan dengan penggunaan pelanggan atas layanan atau Platform. Fitur tersebut membantu Kami memperbaiki Platform dan layanan yang Kami tawarkan, atau membantu Kami menawarkan layanan serta fitur baru. “Cookie” adalah pengenal yang disimpan dalam komputer atau perangkat mobile pelanggan yang merekam data tentang komputer atau perangkat pelanggan bagaimana dan kapan Layanan atau Platform digunakan atau dikunjungi, oleh berapa banyak orang, dan aktifitas lainnya di dalam Platform Kami. Kami dapat menautkan informasi cookie ke data pribadi. Cookie juga tertaut ke informasi mengenai item apa yang sudah pelanggan pilih untuk pembelian dan halaman situs yang pelanggan lihat. Informasi ini juga digunakan untuk melacak troli belanja pelanggan, untuk menyampaikan konten spesifik sesuai minat pelanggan, untuk melakukan analisa data dan untuk memantau penggunaan
layanan Kami. Pelanggan boleh menolak penggunaan cookie dengan memilih pengaturan yang sesuai pada
browser atau perangkat pelanggan. Bagaimanapun, harap diperhatikan bahwa jika pelanggan melakukan ini, pelanggan tidak dapat menggunakan fungsionalitas penuh Platform atau layanan Kami.

Hak Pelanggan atas Data Pribadi Pelanggan

a. Hak Akses
Pelanggan berhak untuk mengetahui apakah Kami sedang memproses Data Pribadi pelanggan dan untuk meminta salinan Data Pribadi yang Kami proses tentang pelanggan.

b. Hak untuk Diperbaiki
Pelanggan berhak untuk meminta koreksi terhadap Data Pribadi yang tidak lengkap atau tidak akurat yang Kami tangani mengenai pelanggan. Harap diperhatikan bahwa proses ini dapat memakan waktu hingga 3×24 jam untuk diproses dalam sistem Kami sejak tanggal permintaan. Kami akan memberi tahu pelanggan lebih lanjut setelah Kami menyelesaikan koreksi.

c. Hak untuk Dilupakan (Hak Penghapusan)
Pelanggan berhak untuk meminta Kami menghapus setiap Data Pribadi yang Kami tangani mengenai pelanggan, kecuali jika diperlukan bagi Kami untuk menyimpan informasi tersebut untuk memenuhi persyaratan hukum atau untuk menegakkan, melaksanakan, atau membela
hak hukum.

d. Hak Pembatasan Pemrosesan
Pelanggan berhak untuk membatasi penanganan Data Pribadi dalam situasi tertentu. Dalam hal tersebut, Kami akan menahan diri dari penggunaan data pelanggan untuk tujuan apa pun selain penyimpanan.

e. Hak Portabilitas
Pelanggan berhak untuk menerima Data Pribadi yang Kami miliki tentang pelanggan dalam format elektronik yang terstruktur. Selain itu, pelanggan memiliki opsi untuk mentransfer Data Pribadi ini ke pengendali data lain, dengan syarat bahwa (a) pelanggan awalnya memberikan Kami Data Pribadi ini dan (b) Kami memproses data berdasarkan persetujuan pelanggan atau untuk memenuhi kontrak dengan pelanggan atau pihak ketiga yang berlangganan layanan Kami.

f. Hak untuk Berhenti
Pelanggan berhak untuk berhenti dari pemrosesan Data Pribadi pelanggan untuk tujuantujuan berikut: (1) Periklanan yang Ditargetkan; (2) Penjualan Data Pribadi; dan/atau (3) Profil yang mengarah pada keputusan dengan konsekuensi hukum.

g. Hak untuk Keberatan
Jika pemrosesan Data Pribadi pelanggandidasarkan pada kepentingan sah Kami, pelanggan dapat mengajukan keberatan atasnya atas alasan yang berkaitan dengan keadaan khusus pelanggan. Kami akan menghormati keberatan pelanggan kecuali Kami memiliki alasan sah yang kuat untuk memproses yang melebihi kepentingan dan hak pelanggan, atau jika perlu untuk memproses Data Pribadi untuk pembentukan, pelaksanaan, atau pembelaan klaim hukum.

h. Penolakan
Pelanggan berhak menerima layanan dari Kami tanpa penolakan atau modifikasi dari pengalaman pelanggan, hanya karena pelanggan dapat menggunakan hak-hak pelanggan.

i. Mengajukan Keluhan
Pelanggan berhak mengajukan keluhan kepada otoritas perlindungan data yang relevan. Pelanggan dapat mengajukan permintaan untuk menggunakan salah satu dari hak-hak ini terkait dengan Data Pribadi pelanggan dengan mengirimkan permintaan ke tim Kami. Untuk menjaga privasi dan keamanan pelanggan, atas kebijaksanaan, Kami meminta pelanggan untuk memverifikasi identitas pelanggan sebelum memberikan informasi yang diminta.

Menarik persetujuan
Jika pelanggan telah memberikan persetujuan kepada Kami untuk menangani Data Pribadi pelanggan, pelanggan dapat dengan bebas mencabut persetujuan tersebut kapan saja, tanpa dikenakan biaya apa pun. Ini termasuk situasi di mana pelanggan ingin berhenti berlangganan pesan pemasaran yang dikirim oleh Kami. Untuk menarik persetujuan pelanggan, harap hubungi Kami. Setelah menerima permintaan pelanggan untuk mencabut persetujuan untuk menerima materi atau komunikasi pemasaran atau promosi, harap diperhatikan bahwa proses pencabutan tersebut dapat memakan waktu hingga 3×24 jam untuk diproses dalam sistem Kami. Akibatnya, pelanggan mungkin terus menerima materi atau komunikasi pemasaran atau promosi selama periode ini. Setelah proses pencabutan selesai, Kami akan menghentikan pengumpulan, penggunaan, dan/atau pengungkapan Data Pribadi pelanggan, kecuali dalam kasus lain Kami perlu menyimpannya untuk kepatuhan, peraturan, atau tujuan hukum lainnya.

Privasi Anak-anak
Kami menjaga privasi pada anak-anak dengan mengumpulkan Data Pribadi dari individu di
bawah usia 18 tahun.

Perubahan/Pembaruan pada Kebijakan Privasi
Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menangani, melindungi, dan memproses Data Pribadi pelanggan dengan tepat, Kami akan secara berkala meninjau dan menilai kebijakan, prosedur, dan proses Kami. Sebagai bagian dari komitmen ini, Xapiens dapat memodifikasi Kebijakan ini untuk disesuaikan dengan tren industri dan perubahan hukum atau regulasi. Kami berhak untuk membuat amendemen pada Kebijakan ini. Dengan mengakses Situs Web Kami, pelanggan mengakui penerimaan terhadap ketentuan yang berlaku yang diuraikan dalam Kebijakan ini yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Setiap perubahan pada Kebijakan akan dipublikasikan di Situs Web Kami. Penggunaan berkelanjutan pelanggan terhadap Platform dan/atau layanan Kami setelah perubahan pada
Kebijakan mengimplikasikan persetujuan pelanggan untuk mematuhi ketentuan Kebijakan yang diperbarui. Kami merekomendasikan untuk memeriksa Situs Web Kami secara berkala untuk tetap mendapatkan informasi tentang perkembangan terbaru dalam kebijakan Kami mengenai
perlindungan Data Pribadi. Kami berhak untuk membebankan biaya yang wajar kepada pelanggan untuk menangani dan memproses permintaan untuk mengakses data pribadi pelanggan, dengan patuh kepada peraturan yang berlaku, dan dengan memberitahukan estimasi biaya tersebut kepada
pelanggan. Kami akan mengoreksi atau memperbaharui data pribadi pelanggan berdasarkan permintaan pelanggan dalam kurun waktu 5 (lima) hari kerja dan/atau sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Privasi.

Hubungi Kami
Jika pelanggan memiliki pertanyaan mengenai Data Pribadi atau Kebijakan ini, bisa mengajukan keluhan mengenai pengumpulan, penggunaan, atau pengelolaan Data Pribadi pelanggan oleh Kami, atau memiliki pertanyaan mengenai ketaatan Kami terhadap Hukum yang Berlaku, jangan ragu untuk menghubungi Kami secara elektronik melalui e-mail di [email protected]