News & Media

Kolaborasi Tripatra dan Xapiens dalam Pengembangan Solusi Manajemen Material

Sebagai bagian dari Tripatra Digital Transformation Program (TDTP), divisi Inovasi & Teknologi Tripatra saat ini sedang melakukan berbagai upaya transformasi di bidang material management.

Sebagai bagian dari Tripatra Digital Transformation Program (TDTP), divisi Inovasi & Teknologi Tripatra saat ini sedang melakukan berbagai upaya transformasi di bidang material management. Salah satunya dengan mengadakan workshop Value Stream Mapping (VSM) untuk memahami proses saat ini dan merancang proses sebagai bagian dari peningkatan manajemen material proyek Tripatra, yang melibatkan pemangku kepentingan seperti Departemen Teknik, Manajemen Rantai Pasokan, Konstruksi, Audit Internal, Tender, Manajemen Proyek dan Jaminan Sistem Mutu.
Salah satu rekomendasi dari lokakarya tersebut adalah mengembangkan solusi teknologi untuk aplikasi web dan mobile yang disebut Tripatra Application (TAP), tidak hanya untuk meningkatkan kemajuan pengelolaan material melalui digitalisasi, tetapi juga melalui integrasi dengan sistem lain termasuk SAP dan material yang ada. Sistem Menejemen.

Kolaborasi ini telah menciptakan solusi yang saling menguntungkan bagi Tripatra dan Xapiens dengan fokus bekerja sama untuk mengembangkan solusi yang praktis dan bermanfaat.

Setelah diskusi lebih lanjut, Xapiens dan Tripatra memutuskan untuk membuat aliansi. Tripatra akan bekerja sama dengan pakar domain di Tripatra untuk melengkapi persyaratan, merancang proses bisnis baru dan TAP User Interface, sedangkan Xapiens akan bekerja pada realisasi TAP sebagai infrastruktur integrasi dan implementasi antara SAP dan TAP.
Kerjasama Tripatra dan Xapiens diwujudkan dalam kontrak kerjasama, dimana kedua belah pihak bersama-sama mengembangkan dengan menginvestasikan sumber daya mereka untuk keberhasilan proyek peningkatan manajemen material. Tripatra sendiri ingin menerapkan DNA Indika Energy dalam sebuah proyek nyata yang sinerginya bahkan bisa melampaui proyek tersebut.
Kerja sama kedua perusahaan menggunakan kerangka Agile Scrum yang berfokus pada pengembangan solusi kerja oleh tim yang terorganisir secara mandiri. Tripatra sejauh ini telah menyelesaikan pengembangan Minimum Viable Product (MVP) TAP, dan akan terus mengembangkan fitur-fitur lain di luar MVP. Solusi tersebut akan segera diimplementasikan ke dalam proyek EPC Tripatra yang akan datang dan akan menjadi solusi lengkap, termasuk manajemen perubahan, solusi digital tap dan analitik, serta pengembangan dan peningkatan berkelanjutan. Terlebih lagi, implementasi solusi digital telah menggunakan praktik terbaik terbaru, termasuk infrastruktur cloud, arsitektur layanan mikro, dan pemanfaatan perangkat internet of things (IoT) dalam waktu dekat.
Kolaborasi ini telah menciptakan solusi yang saling menguntungkan bagi Tripatra dan Xapiens dengan fokus bekerja sama untuk mengembangkan solusi yang praktis dan bermanfaat. Tripatra percaya aliansi semacam itu juga dapat diterapkan ke perusahaan Indika Energy lainnya untuk konteks yang sesuai. Go Tripatra and Xapiens!

Sumber: